Aug 23

Membangun Desa adalah Membangun Konektivitas

koneksiDesa Rahayu – Bandung. Pakar kependudukan dari Universitas Indonesia (UI), Sony Harry B Harmadi, mengusulkan, agar pemerintahan mendatang membuat kebijakan pembangunan desa secara tepat guna menghindari arus urbanisasi dari ke kota.

“Dengan membangun desa yang tepat yakni dengan membangun konektivitas desa,” kata Sony di Jakarta, Minggu (5/10).

Menurut Sony, jika kota-kota besar, terutama Jakarta, masih menjadi sasaran utama urbanisasi, karena standar hidup dan fasilitas di kota selalu lebih baik dari pada desa, sehingga menjadi daya tarik bagi masyarakat desa untuk hidup di kota.

Guna mengatasi hal ini, maka pemerintahan mendatang harus memiliki program strategi pembangunan desa secara tepat dengan membangun konektivitas desa.

Selama ini, kata dia, konektivitas yang terbangun hanya fokus antarkota serta antara kota dan desa, padahal penting juga dibangun jaringan antardesa.

Ketua Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini menambahkan, Pemerintah dan DPR periode 2009-2014 telah melahirkan UU No 6 tahun 2014 tentang Desa, agar dapat menjadi landasan hukum baru pada pembangunan desa.

“Pemanfaatan dana desa secara tepat sesuai amanah UU Desa, dapat mempercepat pembangunan desa sekaligus mengurangi kesenjangan desa-kota secara bertahap, sehingga dapat mengurangi arus urbanisasi,” katanya.

Percepatan pembangunan di desa, terutama infrastruktur dan ekonomi rakyat, guna menciptakan kesetaraan standar hidup di desa dan kota, sehingga masyarakat desa tidak begitu tertarik lagi untuk urban ke kota besar.

Di sisi lain, Sony juga mengusulkan, agar pemerintahan mendatang juga membuat program penertiban terhadap pemukiman liar di perkotaan.

Tumbuhnya pemukiman liar di kota, menurut dia, karena banyaknya urban dari desa ke kota yang berusaha mensiasati hidup murah di kota besar.

“Kaum urban sesungguhnya mengerti biaya hidup di kota besar itu mahal sehingga mensiasatinya dengan tinggal di pemukiman liar secara ilegal,” katanya.

Menurut Sony, jika masyarakat urban di pemukiman liar ini ditertibkan dan diberikan sanksi tegas maka dapat mengurangi arus urban dari desa ke kota.

Permanent link to this article: http://www.rahayu.desa.id/web/2014/08/membangun-desa-adalah-membangun-konektivitas/

Leave a Reply

%d bloggers like this: